Warna Dalam Kebudayaan (2)   Leave a comment

Warna adalah bahasa visual yang umum dalam kehidupan kita sehari- hari. Warna mampu membuat orang terpesona. Warna memiliki pengaruh dalam sisi psikologi bagi yang melihatnya, dalam kebudayaan warna juga memiliki arti yang berbeda.

warna dalam kebudayaan

Bagaimana warna diartikan dalam kebudayaan? Simak artikel di bawah ini:

Indonesia, warna bendera Indonesia berasal dari konsep, getah dan getih yang berwarna merah dan putih, yaitu zat cair yang mengalir dalam tubuh makhluk yang memberikan kehidupan. Lambang kehidupan yang mengalir terus menerus. Warna merah keunguan disukai oleh raja-raja di masa lampau. Warna simbolik sifatnya dalam tokoh pewayangan kulit.

Asia, di India, dewa brahmana dilambangkan dengan kuning, Siwa dilambangkan dengan warna hitam. Kuning merupakan lambang Budha.

Cina, lambang dinasti di Cina berbeda-beda. Warna dinasti Sung: coklat, dinasti Ming: hijau, Ching: kuning. Kaisarnya memakai warna biru bila sedang memuja langit, kuning waktu menyembah tanah, dan tinta merah waktu menandatangani surat-surat perintah. Warna kuning dianggap warna suci. Saat pertunjukan teater, orang suci ditampilkan dengan muka merah, orang jahat dengan warna putih, dan orang udik dengan warna hitam.

Putih dilambangkan sebagai warna duka cita .Warna merah digunakan saat perayaan pernikahan dan pengantin wanitanya mengenakan pakaian berwarna merah. Arah mata angin di Cina dilambangkan dengan: Utara: hitam, Selatan: merah, timur: hijau, barat: putih. Warna hijau abadi menunjukkan waktu.

Yunani, phytagoras melambangkan patung-patung wanita berpita. Pita putih melambangkan kesucian, pita merah melambanagkan cinta dan pengorbanan, pita biru melambangkan social dan integritas. Pada cerita Odyssey, baju ungu kemerahan melambangkan pengembaraan Odysseus.Pada lakon Illias, warna merah merupakan lambang peperangan berdarah dalam cerita tersebut. Mitologi yunani mengatakan, bahwa warna hijau melambangkan dewa Hermes (lambangnya biru), dan dewi Aphrodite(lambangnya kuning menjadi dewa Hermaphrodite(hijau)

Mesir, pada zaman mesir kuno, mahkota putih menghiasi osaris. Pendetra-pendeta menguunakan jubah putih untuk menyembah deewa Jupiter. Kuning dan emas melambangkan matahari, merah melambangkan pria, hijau lambang keabadian, ungu warna tanah, biru lambang akhirat dan keabadian. Biru dipakai oleh para pendeta, sebagai lambang kesucian dalam peradilan hokum. Osiris dilambangkan dengan warna hijau. Horus (anaknya) dilambangkan dengan warna putih. Set, dewa kejahatan berwarna hitam, Shu dewa yang memisahkan langit dan bumi berwarna merah, dan Amen, dewa kehidupan berwarna biru.

Posted Oktober 17, 2011 by kvp213ucup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: